Rabu, 22 Juli 2015

laporan diskusi ; seni menyiasati jam kosong di sekolah



LAPORAN KEGIATAN DISKUSI
TEMA:
Seni Menyiasati Jam Kosong di Sekolah
Diselenggarakan oleh:
Siswa – siswi kelas XII S1 SMA NEGERI 1 TARIK
20 Oktober 2014

BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar belakang pelaksanaan diskusi
Salah satu masalah besar di seekolah kita adalah masih tingginya tingkat ketidakhadiran guru di kelas. Banyak kelas-kelas yang kosong karena ditinggal gurunya karena sakit, rapat, dan lain-lain. Sebuah penelitian pernah dilakukan ternyata tingkat absen guru di kelas cukup tinggi dan hal ini yang membuat kebanyakan siswa cukup senang. Tapi ada juga siswa yang kecewa pada saat jam kosong, apa lagi pelajaran itu merupakan kesukaan mereka.
Menyiasati jam kosong agar memberikan manfaat bagi siswa sering kita abaikan. Ada beberapa teknik untuk menyiasati jam kosong agar jam kosong bisa berguna dengan baik.


B. Tema
Seni menyiasati jam kosong di sekolah
Subtema :
1.     Apa tujuan Seni Menyiasati Jam Kosong di Sekolah ?
2.     Apa manfaat Seni Menyiasati Jam Kosong di Sekolah?
3.     Dampak positif dan negative Seni Menyiasati Jam Kosong di Sekolah?
4.     Bagaimana suasana siswa-siswi ketika menghadapi Jam Kosong di Sekolah?
5.     Bagaimana upaya siswa dalam Menyiasati Jam Kosong di Sekolah?


C. Tujuan
1.     Memperbarui pikiran siswa – siswi agar bisa menerima pelajaran berikutnya.
2.     Memperoleh tindakan yang tepat untuk memanfaatkan jam kosong di sekolah.
3.     Menambah pengetahuan siswa tentang dampak positif dan negative jam kosong.


D.Manfaat diskusi
          Diharapkan dapat memperoleh hasil pendapat yang kongkrit dan efektif dari para anggota diskusi agar jam kosong di sekolah dapat dimanfaatkan dengan baik.


BAB II PELAKSANAAN DAN HASIL DISKUSI
A.   Pelaksanaan
1.Topik diskusi dan pembicara
Dalam diskusi ini topiknya adalah seni menyiasati jam kosong. Dan pembicara utama dalam diskusi adalah Rendy Purwantoro.

2. Peserta
          Seluruh anggota kelas XII - IPA 3.

3. Waktu dan Tempat pelaksanaan
Diskusi ini dilaksanakan di kelas XII – IPA 3 pada tanggal  20 Oktober 2014 pukul 07.00-08.30 WIB.

4. Penyelenggara
Siswi-siswi kelas XII - IPA 3 SMA NEGERI 1 TARIK




















B.   Hasil Diskusi
1.     Peserta
Peserta yang melakukan diskusi tanggal 20 Oktober 2014 diikuti 29 peserta.

Daftar Hadir peserta Diskusi

No.
NAMA PESERTA
PERAN
TANDA TANGAN


1
AGUS SETYO SUYUDI
Anggota
1.
2.

2
AISYAH NURDIANTI
Anggota

3
ANDI KIKIS PRIYAMBODO
Moderator
3.
4.

4
ANI ISMAYANTININGSIH
Anggota

5
APRILLIA CAHYANING JUWITA
Anggota
5.
6.

6
ARIANTYO ADI PRAYOGO
Anggota

7
AYUNI HIDAYATI
Anggota
7.
8.

8
CENGGANA NOVIA PRIARDIANTO
Anggota

9
CLARISA IKA CANDRAWATI
Anggota
9.
10.

10
DANNY RORO RUSILLIYAH
Anggota

11
DIANA NANDA SARMANA
Anggota
11.
12.

12
DINDA PUTRI RAHMADANTHI
Anggota

13
DWI AYU APRILIA PUTRI
Notulen
13.
14.

14
EVA YULIANA SARASWATI
Anggota

15
HILMY KURNIA SEPTA RAHARJO
Anggota
15.
16.

16
IBNU RIZKI WARDHANA
Anggota

17
IWAN KURNIAWAN
Anggota
17.
18.

18
LELY KRISTIANTI PINTA DEWI
Anggota

19
M.  RISKY SEPTYAN NUGRAHA
Narasumber 2
19.
20.

20
MEIDITA ARISTIA PUTRI
Anggota

21
MOCH. ANJIL TAUFIKI
Anggota
21.
22.

22
RATNA IMAMAH
Anggota

23
RENDY PURWANTORO
Narasumber 1
23.
24.

24
RINDA DESI RATNASARI
Anggota

25
ROUDLOTUL MAGHFIROH
Anggota
25.
26.

26
SITI CHOIRUN NISAQ
Anggota

27
TIAS INDAH OKTAVIANI
Anggota
27.
28.

28
VIRONICA ADEKUS SUWANDY
Anggota

29
YA ANIS NURAJIJAH
Anggota
29.









2.     Pelaksanaan Diskusi
Diskusi ini dibuka oleh Andi Kikis dan pembicara menyampaikan bahan diskusi dengan baik. Para peserta antusias mengikuti dan mengutaraka pendapatnya masing-masing.
3.     Kendala-kendala
Dalam diskusi ini tidak mendapati banyak masalah, hanya saja para peserta tidak datang tepat waktu dan kurang memperhatikan pokok pembahasan.


  BAB III PENUTUP
A.Simpulan
Kesimpulan dari diskusi ini adalah jam kosong di sekolah harus kita manfaatkan dengan baik sehingga waktu itu tidak tebuang secara sia-sia. Agar pembelajaran di sekolah dapat berjalan dengan lancar. Sehingga dapat dimanfaatkan manfaaatnya oleh siswa –siswi Maupun warga  disekolah  dalam hal menyongsong keadaan sekolah yang lebih indah, lebih nyaman, dan hal-hal positif lainnya.

B.Saran
Berdasarkan hasil diskusi selanjutnya,disarankan bahwa :
1.     Diperlukan Persiapan maksimal
2.     Diperlukan diskusi lebih lanjut melibatkan siswa-siswi dari kelas lain sehingga mendapatkan pendapat atau gagasan yang akurat dan efektif demi kemajuan bersama.

Demikian laporan kegiatan diskusi. Semoga bermanfaat dan segala kekurangan dan kelebihan dalam kegiatan ini mohon dimaklumi dan diharapan menjadi pangalaman yang berharga bagi kelompok kami.

NOTULEN
1.        Judul diskusi                                : Seni Menyiasati Jam Kosong di Sekolah
2.        Tempat dan waktu                       : Ruang kelas XII – IPA 3,  Senin, 20 Oktober 2014
3.        Penyaji atau pembicara               : Rendy Purwantoro dan M. Risky Septyan N.
4.        Moderator                                   : Andi Kikis P.
5.        Jumlah peserta                                       :29 orang
6.         Materi pokok diskusi                             : Memahami segala seni dalam menyiasati jam                                                kosong di sekolah agar  jam kosong  tersebut                                                bisa digunakan dengan baik.

7.        Permasalahan yang dihadapi       :
7.1                       Kurangnya kemampuan siswa dalam menggunakan jam kosong yang ada di sekolah dengan baik.

8.      Penanggulangan masalah
8.1                       Memberikan teknik-teknik atau seni-seni dalam menghadapi jam josong yang ada di sekolah kepada siswa.

9.      Komentar peserta
a)       Komentar dari Meidita Aristia Putri.
Menurut Anda, bagaimana cara yang baik untuk menyiasati jam kosong di sekolah? jelaskan!
b)       Komentar dari Cenggana Novia P.
Apa yang harus dilakukan siswa pada saat jam kosong?
c)        Komentar dari Ratna Imama.
Menurut yang Anda ketahui jam kosong di sekolah itu disebabkan oleh guru atau siswanya sendiri? tolong beri penjelasannya!
d)       Komentar dari Iwan Kurniawan.
Apasajakah dampak yang ditimbulkan dari jam kosong yang ada di sekolah
Coba sebutkan dampak positif dan dampak negatifnya!

10.  Simpulan diskusi :
Berdasarkan hasil diskusi yang dilaksanakan, begitu banyak cara-cara untuk menyiasati jam kosong di sekolah. Di antaranya sebagai berikut:
v Waktu jam kosong alangkah baiknya kita gunakan untuk mengerjakan tugas-tugas yang belum selesai atau berdiskusi dengan teman tentang pelajaran yang belum kita mengerti.
v Jam kosong juga bisa digunakan untuk bercanda dengan teman untuk merifresing kembali pikiran kita agar tidak jenuh.
Begitulah cara-cara untuk menyiasati jam kosong di sekolah agar pada saat jam kosong tidak kita gunakan untuk keluar kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEJABAT ≠ PENJAHAT

Memang benar, seorang pejabat tentu tidak sama dengan penjahat. Namun bukan tidak mungkin seandainya kedua profesi tersebut disandang...