LAPORAN
KEGIATAN DISKUSI
TEMA:
Seni Menyiasati Jam Kosong
di Sekolah
Diselenggarakan oleh:
Siswa – siswi kelas XII S1 SMA
NEGERI 1 TARIK
20 Oktober 2014
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
belakang pelaksanaan diskusi
Salah satu masalah besar di seekolah kita adalah masih
tingginya tingkat ketidakhadiran guru di kelas. Banyak kelas-kelas yang kosong
karena ditinggal gurunya karena sakit, rapat, dan lain-lain. Sebuah penelitian
pernah dilakukan ternyata tingkat absen guru di kelas cukup tinggi dan hal ini
yang membuat kebanyakan siswa cukup senang. Tapi ada juga siswa yang kecewa
pada saat jam kosong, apa lagi pelajaran itu merupakan kesukaan mereka.
Menyiasati jam kosong agar memberikan manfaat bagi
siswa sering kita abaikan. Ada beberapa teknik untuk menyiasati jam kosong agar
jam kosong bisa berguna dengan baik.
B. Tema
Seni menyiasati jam kosong di sekolah
Subtema :
1.
Apa tujuan Seni
Menyiasati Jam Kosong di Sekolah ?
2.
Apa manfaat Seni
Menyiasati Jam Kosong di Sekolah?
3.
Dampak positif
dan negative Seni Menyiasati Jam Kosong di Sekolah?
4.
Bagaimana suasana
siswa-siswi ketika menghadapi Jam Kosong di Sekolah?
5.
Bagaimana upaya
siswa dalam Menyiasati Jam Kosong di Sekolah?
C. Tujuan
1.
Memperbarui pikiran siswa – siswi agar bisa menerima
pelajaran berikutnya.
2.
Memperoleh tindakan yang tepat untuk memanfaatkan jam
kosong di sekolah.
3. Menambah pengetahuan siswa tentang dampak positif dan negative jam
kosong.
D.Manfaat
diskusi
Diharapkan dapat memperoleh hasil
pendapat yang kongkrit dan efektif dari para anggota diskusi agar jam kosong di sekolah dapat dimanfaatkan dengan baik.
BAB II PELAKSANAAN DAN HASIL
DISKUSI
A. Pelaksanaan
1.Topik diskusi
dan pembicara
Dalam diskusi
ini topiknya adalah seni menyiasati jam kosong. Dan pembicara utama dalam
diskusi adalah Rendy Purwantoro.
2. Peserta
Seluruh
anggota kelas XII - IPA 3.
3. Waktu dan
Tempat pelaksanaan
Diskusi ini
dilaksanakan di kelas XII – IPA 3 pada tanggal
20 Oktober 2014 pukul 07.00-08.30 WIB.
4. Penyelenggara
Siswi-siswi
kelas XII - IPA 3 SMA NEGERI 1 TARIK
B. Hasil Diskusi
1. Peserta
Peserta yang melakukan diskusi tanggal 20 Oktober 2014
diikuti 29 peserta.
Daftar Hadir peserta Diskusi
No.
|
NAMA PESERTA
|
PERAN
|
TANDA TANGAN
|
||
1
|
AGUS SETYO SUYUDI
|
Anggota
|
1.
|
2.
|
|
2
|
AISYAH NURDIANTI
|
Anggota
|
|||
3
|
ANDI KIKIS PRIYAMBODO
|
Moderator
|
3.
|
4.
|
|
4
|
ANI ISMAYANTININGSIH
|
Anggota
|
|||
5
|
APRILLIA CAHYANING JUWITA
|
Anggota
|
5.
|
6.
|
|
6
|
ARIANTYO ADI PRAYOGO
|
Anggota
|
|||
7
|
AYUNI HIDAYATI
|
Anggota
|
7.
|
8.
|
|
8
|
CENGGANA NOVIA PRIARDIANTO
|
Anggota
|
|||
9
|
CLARISA IKA CANDRAWATI
|
Anggota
|
9.
|
10.
|
|
10
|
DANNY RORO RUSILLIYAH
|
Anggota
|
|||
11
|
DIANA NANDA SARMANA
|
Anggota
|
11.
|
12.
|
|
12
|
DINDA PUTRI RAHMADANTHI
|
Anggota
|
|||
13
|
DWI AYU APRILIA PUTRI
|
Notulen
|
13.
|
14.
|
|
14
|
EVA YULIANA SARASWATI
|
Anggota
|
|||
15
|
HILMY KURNIA SEPTA RAHARJO
|
Anggota
|
15.
|
16.
|
|
16
|
IBNU RIZKI WARDHANA
|
Anggota
|
|||
17
|
IWAN KURNIAWAN
|
Anggota
|
17.
|
18.
|
|
18
|
LELY KRISTIANTI PINTA DEWI
|
Anggota
|
|||
19
|
M. RISKY SEPTYAN NUGRAHA
|
Narasumber 2
|
19.
|
20.
|
|
20
|
MEIDITA ARISTIA PUTRI
|
Anggota
|
|||
21
|
MOCH. ANJIL TAUFIKI
|
Anggota
|
21.
|
22.
|
|
22
|
RATNA IMAMAH
|
Anggota
|
|||
23
|
RENDY PURWANTORO
|
Narasumber 1
|
23.
|
24.
|
|
24
|
RINDA DESI RATNASARI
|
Anggota
|
|||
25
|
ROUDLOTUL MAGHFIROH
|
Anggota
|
25.
|
26.
|
|
26
|
SITI CHOIRUN NISAQ
|
Anggota
|
|||
27
|
TIAS INDAH OKTAVIANI
|
Anggota
|
27.
|
28.
|
|
28
|
VIRONICA ADEKUS SUWANDY
|
Anggota
|
|||
29
|
YA ANIS NURAJIJAH
|
Anggota
|
29.
|
|
|
|
|
|
2. Pelaksanaan Diskusi
Diskusi ini dibuka oleh Andi Kikis dan pembicara
menyampaikan bahan diskusi dengan baik. Para peserta antusias mengikuti dan
mengutaraka pendapatnya masing-masing.
3. Kendala-kendala
Dalam diskusi ini tidak mendapati banyak masalah, hanya
saja para peserta tidak datang tepat waktu dan kurang memperhatikan pokok
pembahasan.
BAB III PENUTUP
A.Simpulan
Kesimpulan dari diskusi ini adalah jam kosong di
sekolah harus kita manfaatkan dengan baik sehingga waktu itu tidak tebuang
secara sia-sia. Agar pembelajaran di sekolah dapat berjalan dengan lancar.
Sehingga dapat dimanfaatkan manfaaatnya oleh siswa –siswi Maupun warga disekolah
dalam hal menyongsong keadaan sekolah yang lebih indah, lebih nyaman,
dan hal-hal positif lainnya.
B.Saran
Berdasarkan hasil diskusi selanjutnya,disarankan bahwa
:
1.
Diperlukan
Persiapan maksimal
2.
Diperlukan diskusi
lebih lanjut melibatkan siswa-siswi dari kelas lain sehingga mendapatkan
pendapat atau gagasan yang akurat dan efektif demi kemajuan bersama.
Demikian laporan kegiatan diskusi. Semoga bermanfaat
dan segala kekurangan dan kelebihan dalam kegiatan ini mohon dimaklumi dan
diharapan menjadi pangalaman yang berharga bagi kelompok kami.
NOTULEN
1.
Judul diskusi :
Seni Menyiasati Jam Kosong di Sekolah
2.
Tempat dan waktu :
Ruang kelas XII – IPA 3, Senin,
20 Oktober 2014
3.
Penyaji atau pembicara : Rendy Purwantoro dan M. Risky Septyan N.
4.
Moderator : Andi Kikis
P.
5.
Jumlah peserta :29
orang
6.
Materi pokok diskusi : Memahami segala seni dalam
menyiasati jam kosong di sekolah agar jam kosong tersebut bisa digunakan dengan baik.
7.
Permasalahan yang
dihadapi :
7.1
Kurangnya kemampuan siswa dalam menggunakan
jam kosong yang ada di sekolah dengan baik.
8.
Penanggulangan masalah
8.1
Memberikan
teknik-teknik atau seni-seni dalam menghadapi jam josong yang ada di sekolah
kepada siswa.
9.
Komentar peserta
a) Komentar dari Meidita
Aristia Putri.
Menurut
Anda, bagaimana cara yang baik untuk menyiasati jam kosong di sekolah? jelaskan!
b) Komentar dari Cenggana
Novia P.
Apa
yang harus dilakukan siswa pada saat jam kosong?
c)
Komentar dari Ratna
Imama.
Menurut
yang Anda ketahui jam kosong di sekolah itu disebabkan oleh guru atau siswanya
sendiri? tolong beri penjelasannya!
d) Komentar
dari Iwan Kurniawan.
Apasajakah
dampak yang ditimbulkan dari jam kosong yang ada di sekolah
Coba
sebutkan dampak positif dan dampak negatifnya!
10. Simpulan diskusi :
Berdasarkan hasil diskusi yang
dilaksanakan, begitu banyak cara-cara untuk menyiasati jam kosong di sekolah.
Di antaranya sebagai berikut:
v Waktu
jam kosong alangkah baiknya kita gunakan untuk mengerjakan tugas-tugas yang
belum selesai atau berdiskusi dengan teman tentang pelajaran yang belum kita
mengerti.
v Jam
kosong juga bisa digunakan untuk bercanda dengan teman untuk merifresing
kembali pikiran kita agar tidak jenuh.
Begitulah
cara-cara untuk menyiasati jam kosong di sekolah agar pada saat jam kosong
tidak kita gunakan untuk keluar kelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar